Jumat, 13 Maret 2020

Mengenal Istilah Atensi Yang Biasa Disebut Reflek

ilustrasi menstimulus anak dengan permainan edukasi

Suatu hari si ucol bersepeda keliling desa, dengan santainya dia bernyanyi :
Balonku Ada Lima rupa-rupa warnanya merah kuning kelabu merah muda dan biru Meletus balon hijau dor hatiku sangat kacau Balonku tinggal empat kupegang erat-erat. 
Belum selesai lagu Balonku dinyanyikan oleh ocol, dia dikejutkan dengan suara klakson mobil yang sangat menggelegar, nguuunggg.
seketika si Ocol menepikan sepedanya dan menarik nafas dalam dalam karena sedang terkejut akan klakson mobil tersebut.

Suatu sikap menepikan sepeda tersebut adalah sikap yang dinamakan perhatian atau kewaspadaan dalam bahasa Inggrisnya disebut atensi yang mana kita sering mendengar sebuah peringatan di tempat keramaian, yaitu sebuah ucapan peringatan "attention attention"
Nah itulah maksud dari sebuah perhatian atau kewaspadaan, kata tersebut hanyalah sebuah istilah dari kata atensi yang lebih singkat, pada dasarnya attention mempunyai penjelasan yang sangat panjang, dikutip dari wikipedia

atensi adalah pemprosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan maupun proses kognitif lainnya. Proses atensi membantu efisiensi penggunaan sumberdaya mental yang terbatas yang kemudian akan membantu kecepatan reaksi terhadap rangsang tertentu.

ada 5 jenis Atensi , yaitu:
1. Perhatian selektif (Selective Attention)
adalah dimana saat seseorang memilih perhatian yang mana yang lebih diutamakannya, Faktor-faktor yang memengaruhi perhatian selektif adalah harapan, stimulus, dan nilai-nilai.
2. Perhatian terfokus (Focused Attention)
perhatian terfokus adalah dimana dia sangat fokus dalam sebuah hal tersebut, biasanya karena memang hal tersebut sangatlah penting.
3. Perhatian terbagi (Divided Attention)
sedangkan perhatian ini mungkin bisa seperti bingungnya seseorang ketika dijadikan sebagai fokus titik yang diperhatikan orang lain, sehingga dia harus membagi perhatiannya.
4. Perhatian yang terus menerus (Sustained Attention)
Perhatian ini adalah sebuah perhatian yang biasa dihubungkan dengan sebuah perasaan hati, seperti seorang ibu yang memperhatikan anak bayinya, ketika anak bayinya tertidur, barulah ibunya bisa beristirahat.
5. Kurang perhatian (Lack of Attention)
sedangkan hal ini mungkin tidak perlu dijelaskan lagi, banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat dari kurang perhatian ini, kadang anak malah berontak maupun membuat sesuatu hal yang aneh agar bisa menarik perhatian orang terdekatnya.

selain itu 5 jenis atensi diatas, berikut ada beberapa tips yang kami kutip dari situs dancows untuk menstimulasi anak dalam hal atensi ini;
1.    Belajar lewat komunikasi sehari-hari.
Jadilah teman dan sahabat yang baik bagi anak,  ajaklah Dia berbicara, karena dia membutuhkan sebuah pegangan dalam mempelajari kehidupan,  banyak orangtua yang gagal di Fase ini karena mereka lebih sibuk dengan pekerjaannya ataupun malah sibuk dengan gadgetnya,  Selain itu bagi seorang ibu mereka malah lebih sibuk dengan masakan-masakan nya. sehingga anak-anak balitanya dibiarkan bermain atau pun dibiarkan tertidur saja.
2.    Membacakan Cerita
masih menjadi teman yang baik,  banyak-banyaklah membacakan cerita atau pun bercerita kepada anak karena anak akan sangat menyukai sebuah cerita,  anak yang diceritakan berbagai cerita biasanya Hidupnya akan merasa lebih tenang dan bahkan pada saat diceritakan berbagai cerita tersebut dia akan menjadi nyaman dan tenang.
3.    Hindari Kebiasaan Memotong Pembicaraan
jadilah pendengar yang baik, sebuah pepatah yang mungkin berat dipraktekkan oleh seseorang, karena orang lebih menyukai banyak berbicara dibanding banyak mendengar.
4. Mainan atau Alat Bantu

ada banyak mainan yang bisa dijadikan sebagai alat bantu menstimulasi anak, saat ini banyak sekali berbagai mainan-mainan edukasi, namun belilah yang sesuai dengan umurnya, karena anak bayi dibawah 2 tahun sangatlah rawan kalau tanpa pengawasan, karena mereka suka memasukkan benda benda asing ke dalam mulutnya.

SHARE THIS

Author:

Cantiknya.info merupakan website informasi kecantikan yang bisa memberikan inspirasi baru bagi anda para wanita Indonesia, selain itu kami juga membagikan berbagai informasi lainnya, dengan harapan bisa bermanfaat. Salam

0 komentar: