Sabtu, 27 Juli 2019

Sebelum Melahirkan, Ketahui Lebih Dulu Berbagai Hal Pasca Operasi Caesar


Setiap ibu tentu akan merasakan momen besar melahirkan. Melahirkan sendiri dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. Bagi Anda yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.

Pakaian yang cocok
Agar bekas luka pasca operasi caesar bisa sembuh dengan sempurna, Anda perlu memilih pakaian yang tepat. Pakaian perlu diperhatikan betul karena sangat menentukan proses penyembuhan luka pasca operasi. Sebab, pakaian bisa membuat luka semakin lama mengering atau bahkan bisa memperburuk luka bekas operasi caesar di perut Anda.

Dalam memilih pakaian, usahakan untuk memilih pakaian yang tidak terlalu ketat. Pilihlah pakaian yang lebih longgar untuk meminimalisir risiko luka menjadi lecet hingga berpotensi menjadi iritasi. Pilih juga pakaian dengan bahan yang licin agar bekas luka tidak menempel dan memperlambat proses pengeringan luka. Dengan memilih pakaian yang tepat, luka bekas operasi bisa kering lebih cepat dan Anda juga akan merasa nyaman dengan pakaian tersebut.

Rasa Nyeri
Nyeri karena luka setelah operasi caesar tentu merupakan suatu hal yang ingin segera disudahi oleh setiap ibu. Tapi, proses penyembuhan luka juga membutuhkan waktu sampai benar-benar kering dan rasa nyeri pun bisa menghilang. Tapi, berapa lamakah rasa nyeri akan terasa di area sekitar luka bekas operasi caesar?

Umumnya, rasa nyeri pada luka operasi caesar akan dirasakan oleh para ibu selama 6 bulan setelah proses persalinan. Waktu tersebut dibutuhkan untuk mengembalikan luka agar bisa kering dan kulitpun menutup dengan sempurna. Tapi, pada beberapa kejadian ada beberapa wanita yang setelah melahirkan merasakan nyeri lebih dari 6 bulan. 

Biasanya, rasa nyeri yang lebih lama terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf. Perhatikan apakah di sekitar area luka terdapat bekas merah atau bengkak karena bisa berpotensi terjadinya infeksi. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi pada dokter apabila rasa nyari tak kunjung berakhir dalam waktu lebih dari 6 bulan.

Itulah dua hal seputar luka operasi yang perlu Anda ketahui. Setelah melakukan operasi, Anda perlu berhati-hati dan menjaga betul pola hidup sebaik mungkin. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi apakah akan berjalan lebih cepat atau tidak. Anda juga bisa menggunakan obat luka operasi dengan mencarinya melalui Go Apotik. Semoga bermanfaat.


SHARE THIS

Author:

Cantiknya.info merupakan website informasi kecantikan yang bisa memberikan inspirasi baru bagi anda para wanita Indonesia, selain itu kami juga membagikan berbagai informasi lainnya, dengan harapan bisa bermanfaat. Salam

0 komentar: