Kamis, 09 November 2017

Tips Melancarkan BAB Tanpa Harus Ke Dokter



Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang yaitu kesulitan saat buang air besar. Susah buang air biasa terjadi karena adanya gangguan pada sistem pencernaan. Gejala susah buang air besar atau dikenal dengan istilah sembelit merupakan suatu kondisi dimana feses atau kotoran susah dikeluarkan dari dalam tubuh. Dalam bahasa medis dikenal sebagai konstipasi.
Normalnya, orang dewasa harus melakukan buang air besar (BAB) setiap hari sebanyak 1-2 kali dengan konsistensi feses yang lunak sehingga mudah dikeluarkan. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang susah untuk buang air besar, diantaranya kurangnya asupan minuman pada tubuh kita. Kurangnya asupan serat seperti buah dan sayuran, makan dalam jumlah yang banyak, dan merubah pola makan juga dapat menjadi penyebab dari sembelit.
Untuk menanggulangi masalah pencernaan tersebut sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke klinik kesehatan, yakni dengan menambahkan menu makan yang penuh serat pada menu makan harian kamu. Tak perlu terlalu banyak kandungan serat yang dibutuhkan tubuh hanya 25-30 gram per hari kok. Jumlah yang cukup untuk membuat pencernaan kamu kembali lancar seperti biasa. Beberapa makanan yang kaya serat untuk membantu cara melancarkan BAB secara alami, antara lain:

Sayur-sayuran
Sayuran merupakan menu makan terbaik yang memiliki kandungan serat seimbang bagi tubuh kita. Brokoli merupakan salah satu pilihan sayur terbaik untuk melancarkan BAB. Sekitar ½ cangkir brokoli mengandung 2,8 gram serat dan vitamin C. Jadi sajikan brokoli pada waktu makan atau sebagai camilan dengan saus rendah lemak.

Buah-buahan
Buah adalah sumber dari serat alami yang paling banyak dan mudah kita dapatkan sehari-hari. Dua ratus gram rasberi mengandung sekitar 8 gram serat yang dapat membantu melancarkan BAB secara alami. Kiwi juga termasuk jenis buah beri yang dapat digunakan untuk mengatasi konstipasi, dengan kandungan 2,5 gram serat dan ditambah berbagai vitamin yang baik untuk usus. Selain itu, kamu dapat memanfaatkan buah apel atau pir sebagai asupan serat saat mengalami konstipasi. Kandungan serat buah utuh, tanpa dikupas kulitnya yaitu sekitar 5-6 gram. Pir juga bisa diberikan sebagai cara melancarkan BAB pada bayi, baik yang sudah diolah sebagai makanan ataupun dalam bentuk jus.

Kacang-kacangan
Kacang mengandung serat lebih banyak dibandingkan makanan lain. Satu cangkir kacang terhitung memiliki 10 gram serat yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut untuk membantu metabolisme usus menjadi lancar. Salah satu jenis yang dapat kamu pilih adalah kacang merah yang dimasak atau sebagai tambahan dalam sup atau salad. Selain itu, kacang almond juga bisa jadi pilihan sumber serat kamu loh. Sekitar 28 gram kacang almond dapat memasok 3,5 gram  serat bagi tubuh.

Makanan dari Biji-bijian Utuh
Misalnya, sereal atau roti yang terbuat dari dedak dan biji-bijian utuh, serta beras merah. Jenis makanan tersebut tinggi serat dan karbohidrat kompleks sekaligus kandungan rendah lemak. Pastikan juga mengecek label kemasan sebelum membeli. Mengonsumsi camilan yang tepat justru dapat mendatangkan manfaat melancarkan BAB secara alami. Misalnya, ubi ukuran sedang diketahui memiliki kandungan serat hingga 3,8 gram. Namun, hindari mengupas kulit ubi karena kulitnya merupakan bagian terbanyak yang mengandung serat.
Beberapa jenis makanan diatas memang sudah terbukti ampuh untuk melancarkan susah buang air besar. Namun perlu kamu ketahui beberapa makanan tersebut juga akan berfungsi baik jika diiringi dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak seperti daging, keju atau produk susu lainnya. Imbangi juga dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari dan berolahraga secara teratur jika kamu ingin sekalian menurunkan berat badan lewat program diet. Atur pola makan kamu sejak dini untuk menanggulangi susah buang air besar, dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot pergi ke dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah pencernaan tersebut.

SHARE THIS

Author:

Pesantren.info merupakan website informasi pesantren yang ada di seluruh Indonesia, website ini masih terus dalam tahap pengembangan, sehingga akan banyak didapati link yang kosong atau informasinya belum ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Santri

0 komentar: