Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 November 2016

Tanoto Foundation: Menyemai Para Pengajar Baru

iezul     01.11.00    



Tanoto Foundation: Menyemai Para Pengajar Baru

            Guru adalah ujung tombak pendidikan. Mereka yang secara langsung akan memberikan materi pengajaran kepada para siswa. Bukan hanya untuk pendidikan tinggi, namun juga untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

Saat anak berusia 12 bulan hingga 3 tahun, otaknya berkembang sangat pesat dengan pertumbuhan mencapai 70%. Mereka menyerap informasi apa pun menjadi pengetahuan. Keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentu menjadi sangat vital untuk memberi rangsangan agar mengoptimalkan perkembangan otak anak. 

Sayangnya, hal tersebut tidak didukung dengan kualitas para pendidik di PAUD. Tanoto Foundation yang didirikan oleh seorang pengusaha Indonesia, Sukanto Tanoto, merasa terpanggil untuk membantu meningkatkan mutu para pendidik di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menggelar beragam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para pengajar. Tujuannya, tentu untuk meningkatkan kualitas para guru dan melahirkan para pengajar anyar dengan kemampuan mengajar yang baik.

Salah satu kegiatan Tanoto Foundation yang didukung oleh keluarga Sukanto Tanoto adalah pelatihan para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Jakarta pada November 2015. Tiga puluh delapan pendidik ikut serta dalam pengayaan materi untuk pendidik PAUD, hasil kerjasama Tanoto Foundation dan Komunitas Rumah Pencerah.

Dari banyaknya pengajar PAUD yang tidak memiliki kualifikasi sebagai guru karena dulunya mereka bersemangat mengajar hanya untuk memberi pendidikan kepada para anak, melalui kegiatan tanoto Foundation, kini telah hadir sejumlah guru baru yang kompeten untuk mengajar di PAUD. 

Satu di antaranya bernama Siti Aminah. Berkat kegiatan Tanoto Foundation, ia memiliki kompetensi untuk mengajar di PAUD. Secara tidak langsung, hal itu menambah kepercayaan dirinya kala memberi pendidikan di PAUD Riang di Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Awalnya, saya kurang tertarik mengikuti pelatihan ini karena tempat pelatihan yang lumayan jauh di Jakarta Selatan, sedangkan saya berada di Jakarta Utara. Namun, saat kami bertemu dengan rekan-rekan seprofesi dan mendapat materi pelatihan, saya rasa inilah pelatihan yang paling berkesan yang pernah saya ikuti,” ujar Siti.

Sementara itu, guru lain seperti Salimah dari PAUD Al-Huda di Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, mengaku bahwa kegiatan pengayaan materi pendidikan membuatnya semakin bersemangat dalam mengajar karena ia merasa mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

“Selain tahu bagaimana mengajari anak-anak dengan materi dan cara yang menarik, kami juga mendapat suntikan semangat dan motivasi dalam mengajar. Yang lebih berkesan, kami mendapati bahwa peran kami dalam mendidik anak-anak usia dini sangat besar. Ini menyadarkan kami untuk mendidik anak-anak dengan ikhlas dan sepenuh hati,” kata Salimah.

0 komentar :

© 2016 Informasi Kecantikan. Designed by Bloggertheme9. Author iezul.